European Commission

CSO-LA/2020/418-788

EUR 255,000

Periode Program: 1 Oktober 2020 – 30 September 2022

Uraian

Situasi pandemi COVID-19 telah mengakibatkan posisi dan peran Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) di Indonesia menjadi semakin melemah. Kondisi tersebut mengakibatkan berkurangnya fungsi pengawasan CSO melalui advokasi kebijakan publik dan mewujudkan pembangunan secara adil dan berkelanjutan. Kondisi yang dihadapi saat pandemi COVID-19 mengakibatkan kerentanan CSO di Indonesia dalam aspek keberlanjutan organisasi. Pada sisi lain, kondisi ini telah mempercepat terjadinya proses evolusi CSO di Indonesia untuk dapat mengakses sumber pendanaan domestik serta didukung oleh peningkatan kapasitas dan kinerja organisasi secara akuntabel, termasuk pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung implementasi program.

Program ini bertujuan untuk mempromosikan evolusi bersama dari Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) di Indonesia dalam meningkatkan ketahanan organisasi dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan krisis lainnya serta mendorong tindakan kolektif dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Secara spesifik program ini dirancang untuk mencapai sasaran penguatan lingkungan kondusif dan mobilisasi sumber daya lokal bagi CSO di Indonesia dalam mengatasi dampak pandemic COVID-19, serta mendukung pemerintah dalam mempercepat kemajuan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia.

Program akan dilakukan di 34 provinsi yang dijangkau melalui pendekatan implementasi secara digital dengan kelompok sasaran terdiri atas: (a) 200 CSO lokal di Indonesia; (b) Pemerintah (Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, BNPB, Bappenas, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, LKPP, OJK, dan Sekretariat TPB Indonesia; dan (c) sektor swasta (perusahaan/asosiasi swasta, organisasi filantropi, dan penyedia layanan sosial digital.

Melalui intervensi program diharapkan akan: (1) meningkatkan posisi dan peran CSO dalam implementasi program yang responsif terhadap penanganan COVID-19 dan tersedianya mekanisme pendanaan di masa kedaruratan (emergency) dengan memperkuat kerjasama dengan pemerintah di tingkat nasional dan lokal; (2) meningkatkan dukungan kebijakan pemerintah dan mendorong inisiatif sektor swasta untuk mobilisasi sumber daya lokal yang dibutuhkan dan dukungan pendanaan public untuk keberlanjutan organisasi CSO yang ada di Indonesia.

Kegiatan dan capaian utama yang akan dihasilkan meliputi:

  1. Meningkatkan kerjasama CSO dengan pemerintah dalam merespon dampak sosial ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19.
  2. Meningkatkan kapasitas adaptasi krisis CSO di Indonesia melalui perbaikan struktur tata kelola internal dan keseluruhan perencanaan strategis, jaringan, dan percepatan transformasi digital CSO di Indonesia.
  3. Mendukung pengembangan strategi mobilisasi sumber daya lokal dan diversifikasi sumber pendanaan untuk efisiensi operasional dan kesinambungan keuangan CSO di Indonesia.
  4. Mempromosikan investasi inovatif melalui pengembangan teknologi untuk transformasi organisasi dan mendorong digitalisasi CSO di Indonesia.
  5. Memperkuat jaringan dan kolaborasi bersama CSO di Indonesia secara efektif dan akuntabel dalam merespon kebutuhan komunitas di masa kedaruratan (emergency).

Pendukung Program

Program ini didukung oleh European Commission berdasarkan kerja sama CSO-LA/2020/418-788 dengan total dukungan dana sebesar EUR 255,000