The David and Lucile Packard Foundation

Grant #2020-71234

USD 250,000

Periode Program: 21 September 2020 – 31 Oktober 2021

Uraian

Kejadian pandemi COVID-19 di Indonesia adalah bagian dari pandemi global yang sedang berlangsung yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Pandemi COVID-19 di Indonesia telah menyebar ke 34 provinsi yang mengakibatkan dampak sosial dan ekonomi secara cepat dan dramatis di semua sektor penghidupan, termasuk bagi Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) di Indonesia. Kondisi tersebut berakibat CSO di Indonesia dihadapkan pada situasi rentan terkait dampak operasional program dan keberlanjutan organisasi.

Packard Foundation memiliki tiga fokus program di Indonesia, yaitu: (1) Iklim dan Tata Guna Lahan; (2) Kelautan; dan (3 Pertanian, Penghidupan Ekonomi, dan Konservasi. Tiap program yang dijalankan tersebut dilakukan melalui kemitraan strategis dengan program untuk membangun efektivitas organisasi yang secara khusus diinvestasikan bagi pemimpin, organisasi mitra, dan jaringan dan diharapkan menciptakan penguatan pada fokus permasalahan yang dihadapi. Packard Foundation akan memberikan dukungan bagi CSO dan pemimpin dari masyarakat sipil dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19, termasuk  memberikan layanan berdasarkan kebutuhan mitra pelaksana program di Indonesia.

Program ini bertujuan untuk mendesain dan memberikan mekanisme dukungan bagi kebutuhan mitra Packard Foundation di Indonesia dalam mengatasi tantangan yang dihadapi akibat dampak pandemi COVID-19 dan dampak ekonomi. Secara khusus sasaran yang ingin dicapai adalah untuk menghasilkan upaya peningkatan kapasitas dan penguatan organisasi melalui program pelatihan secara virtual dan dukungan keberlanjutan yang disesuaikan dengan hasil identifikasi kebutuhan mitra Packard Foundation di Indonesia. Program akan memberikan akses pengembangan organisasi dan peningkatan kapasitas kepada 45 mitra Packard Foundation di Indonesia melalui webinar, pelatihan per kelompok sasaran, dan pendampingan per mitra CSO.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh The David and Lucile Packard Foundation berdasarkan kerja sama Grant #2020-71234 pada tanggal 24 September 2020 dengan total dukungan dana sebesar USD 250,000